Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu sampai dua bulan dan bertempat di daerah setingkat desa. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi di Indonesia telah mewajibkan setiap perguruan tinggi untuk melaksanakan KKN sebagai kegiatan intrakurikuler yang memadukan tri dharma perguruan tinggi yaitu: pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat

Pada kesempatan ini, Universitas Muhammadiyah Kotabumi mengadakan KKN dengan tema Sang Surya, dengan harapan, mahasiswa yang melaksanakan tugas dan kewajibannya tidak hanya sebagai pelaksana kegiatan perkuliahan, tapi lebih sebagai pencerah, pemecah masalah, serta inovator yang dapat memajukan daerah tempatnya ber-KKN tersebut.

Program KKN UMKO ini dikemas lebih ringkas dan sederhana, namun tetap berfokus pada kualitas pelaksanaan dan luaran. Setiap mahasiswa dapat mengajukan kelompok terdiri dari 2 s.d 5 orang, yang dapat berasal dari lintas program studi, sehingga komposisi keilmuan tim/kelompok lebih beragam. Terdapat beberapa jenis mitra yang dapat dipilih oleh mahasiswa, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Organisasi/Kelompok Masyarakat
  2. Instansi Pemerintahan
  3. Instansi Swasta
  4. Lembaga/Perkantoran
  5. lain-lain

Panitia pelaksana menyerahkan hak pada mahasiswa untuk memilih mitranya, sesuai dengan program kerja yang akan dilaksanakan bersama mitra. Namun, panitia tetap berharap agar mitra yang dipilih benar-benar dipertimbangkan secara matang, dan ada baiknya telah dilakukan komunikasi atau koordinasi awal dengan mitra.

Tahapan Penggunaan Sistem

  1. Login menggunakan akun siakad di laman https://kkn.umko.ac.id;
  2. Melakukan sinkronisasi profil;
  3. Melengkapi isian profil yang masih belum terisi;
  4. Menyiapkan formulir pendaftaran sesuai dengan template yang disediakan disistem;
  5. Melakukan pendaftaran atau registrasi program;
  6. Mengajukan mitra yang ingin dikunjungi;
  7. Mengajukan program kerja yang dikemas dalam bentuk proposal;
  8. Melakukan pelaporan kegiatan melalui agenda;
  9. Mengunggah laporan akhir.

Pendaftaran untuk dapat mengikuti kegiatan ini dibuka hingga tanggal 15 Juni 2022. Segera daftarkan diri dan kelompok kalian, dan jadilah sang pencerah!

Link video tutorial dapat diakses di bawah ini:

https://drive.google.com/file/d/1eG2yf-TR5GbgoFfdAU8jmsjYgZ03Nxj5/view?usp=sharing